30/11/13

Melepaskan Kebiasaan

Aku pernah membaca bahwa diperlukan 21 hari bagi seorang manusia untuk memulai suatu kebiasaan baru. Dulu aku menganggap itu fakta yang biasa saja. Namun dalam upayaku memahami pemikiran dan tindakanku sendiri, fakta itu menjadi penting. Fakta yang seolah menertawakanku. Jadi cuma 21 hari yang kita perlukan untuk merasa terbiasa pada sesuatu. Pantas.

Manusia adalah makhluk kebiasaan. Dulu fakta ini juga terdengar biasa-biasa saja bagiku. Namun sekarang aku tersenyum tak manis. Pantas. Terlepaskan dari suatu kebiasaan adalah hal yang tidak menyenangkan, bahkan bisa membingungkan. Pantas.

Bingung, bingung hendak menulis apa. Kadang aku berharap aku seberani Andrea Hirata. Atau Ahmad Fuadi. Namun tali kekang ini akan terus kugenggam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar