16/09/11

Man jadda wajada, man shabara zhafira....

Ada mantra baru!

1. Man jadda wajada, siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil.
2. Man shabara zhafira, siapa yang bersabar akan beruntung.

Gara-gara habis baca nih, hehe. Suka banget aku sama novel trilogi "Negeri 5 Menara". Beberapa bulan yang lalu aku meminjam novel itu dan menyesal kenapa aku enggak membelinya sendiri untuk koleksi. Sangat-sangat layak dibeli! Sekarang mau beli, males dan enggan karena sudah pernah baca. Tapi ternyata novel itu kumpulan trilogi (tapi buku ketiganya belum terbit). Jadi kemarin, bukannya beristirahat setelah banting tulang di LPPT dan di kampus aku malah muter-muter kota buat cari novel "Ranah 3 Warna". Enggak kalah keren dari buku sebelumnya!

Novel-novel seperti itu makin membuatku percaya akan kekuatan pendidikan. Selain trilogi Negeri 5 Menara, novel yang bagus juga tentang kekuatan pendidikan menurutku adalah tetralogi Laskar Pelangi dan Toto-Chan (ada 2 buku). Semuanya mirip: merupakan tuturan penulisnya sendiri tentang masa kecilnya, difokuskan saat mereka menempuh pendidikan. Aku sih lebih suka yang asli Indonesia (Laskar Pelangi sama Negeri 5 Menara), walaupun novel Toto Chan lucu dan mengharukan juga. Tapi Laskar Pelangi dan Negeri 5 Menara bahasanya lebih cantik dan enggak ada pergeseran makna karena mereka bukan karya terjemahan (Laskar Pelangi terutama, indah sekali, aku baca berulang-ulang tanpa merasa bosan). Lebih terasa dekat dengan realita juga. Kalau habis membaca Laskar Pelangi, sering aku malu. Aku punya orang tua yang mampu membiayaiku kuliah dengan "nyaman" tanpa harus khawatir ini-itu, kok masih sering tidak optimal begitu? Malu aku dengan Ikal dan Arai yang sukses jadi sarjana tanpa pernah menerima selembar weselpun dari orang tua. Membaca Ranah 3 Warna pun begitu, malu aku pada Alif yang rela bekerja apa saja agar tetap kuliah.

Maybe i will tell you more about those novels later...now i am so tired and sleepy. Have a good life, readers :))
Man jadda wajada, man shabara zhafira....tapi perhatikan kesehatan diri juga ;p

2 komentar:

  1. Betul-betul- betul... Man Jadda wa Jada


    Jangan lupa yah saksikan di bioskop kesayangan Anda...

    BalasHapus
  2. kata kata ini selalu menjadi inspirasi saya,,,
    saya suka bgt sama film negri 5 menara,,
    tapi tidak cukup kalok cuma Man jadda wajada (siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil) harus ada
    Man shabara zhafira (siapa yang bersabar akan beruntung)
    jangan pernah meremehkan impin setinggi apaun, syngguh tuhan maha mendengar....
    follow back ya http://endrymesuji.blogspot.com

    BalasHapus