13/08/12

Lazy Food [ MACARONI AND CHEESE]

Aku suka deh sama makanan yang satu ini...rasa dan aromanya bagaikan masakan restoran Italia. Padahal, harga bahan-bahannya cukup terjangkau. Sekarang masakan ini jadi masakan wajib ketika pulang ke kampung halaman :-)

Kenapa aku menyebutnya lazy food? Karena bikinnya gampang banget, enggak perlu kebanyakan mikir meski memerlukan waktu yang agak lama. Rahasianya ada dua, yang pertama kita harus mengaduknya terus. Yang kedua, harus pakai oregano [bisa beli di supermarket yang agak besar].

Cara membuat [takaran bahan menurut selera masing-masing]:

Tuang makaroni dalam wajan, beri air secukupnya sampai seluruh makaroni terendam, lebihkan sedikit. Kalau pingin rasanya lebih creamy, tambahkan susu cair tanpa rasa.
Masak dengan api sedang, masukkan keju cheddar yang sudah dipotong sangat halus, aduk rata [biasanya aku pakai keju Kraft lembaran, 1 lembar untuk 50 gram makaroni].
Aduk terussss :-)
Jika semua bagian keju telah lumer, kecilkan api.
Masukkan bahan-bahan pelengkap seperti daging cincang, kornet atau jamur kancing. Aduk :-)
Tambahkan oregano, lada/lada hitam, pala dan garam jika perlu. Aduk :-)
Cium aromanya :-D harusnya sampai pada tahap ini, baunya sudah Italia banget.
Aduk terus sampai cairan mulai mengental. Periksa kematangan makaroni. Kalau kuah sudah kental tapi makaroni masih keras, tambahkan air dan aduk lagi sampai kental [rasa tidak akan berubah karena konsentrasi akhir bumbunya akan tetap sama].
Kalau makaroni sudah mencapai tingkat kematangan yang disuka [bisa empuk sekali atau al dente/sedikit keras] dan kuah sudah mengental sekali, tuangkan hasil masakan ke piring.
Selamat menikmati :-D

Gampang kan...enggak usah bayar mahal-mahal di restoran :-D tapi menurutku makanan ini merupakan makanan yang kalau porsinya semakin kecil akan terasa semakin enak. Kalau porsinya besar, enggak akan terasa nikmat lagi karena terasa eneg. Jadi kalau bikin, cukup pakai 50 gram makaroni saja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar