03/11/09

Lentog Tanjung is The Best Breakfast Ever!

Lentog is The Best Breakfast Ever!


Lentog? Ih, apa itu lentog? Buat yang berasal bukan dari Kudus mungkin nggak tau apa itu lentog. Well, lentog itu nama makanan. Di Kudus banyak dijual pagi-pagi sebagai menu sarapan. Kalo udah agak siangan dikit, udah bubar tuh yang pada jualan. Kali ini aku akan membedah sajian bernama lengkap lentog Tanjung ini (wah bahasanya sok-sok kayak pembawa acara kuliner gitu, nggayane pol). Emang makanan ini berasal dari desa Tanjung, kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Indonesia (lengkap banget). Tapi sekarang sudah tersebar ke seluruh penjuru kabupaten. Jadi gampang banget kalo mau cari orang jualan lentog di Kudus. Di GOR Wergu juga banyak tuh yang jualan.

Penampilan? Seperti ini nih...



Walopun penampilan dan namanya nggak begitu komersil (len-tog, pronunciation-nya lentok) dan ndeso, rasanya jangan tanya....enak banget (menurut aku). Jadi laper nih. Hiks, Liong emang kayaknya paling lemah sama makanan enak. Dan jangan khawatir, insyaallah lentog 100% halal, asal belinya secara halal lho.

Lentog terdiri dari 3 penyusun utama :
• Lontong. Udah pada tau kan lontong itu apa. Itu lho beras yang dimasak didalem daun pisang, kayak ketupat tapi bentuknya silinder dan warnanya keijo-ijoan (klorofilnya daun pisang luntur kali). Kayak lemper tapi nggak ada isinya, beras doang. Nah, yang khas dari para pedagang lentog di Kudus, mereka kalo motong lontong itu bukan bulet-bulet tapi miring-miring. Kenapa? Mungkin biar artistik. Kalo lebaran biasanya ibu masak lontong opor dan sambel goreng tu, nah aku ikut-ikutan para bakul (penjual-red) lentog deh, motongnya miring-miring...

• Sayur gori. Itu adalah nangka muda (gori) yang dimasak pake santen encer. Aku nggak tahu bumbunya apa aja, yang jelas beda jauh rasanya ma gudeg Yogya, walopun sama-sama dari gori. Gorinya rasanya lembut-lembut piye di lidah (lha piye?). Dulu waktu masih kecil, kalo makan lentog aku nggak memakan sayur ini, alias nggak doyan. Tapi dengan bertambahnya usia dan kerakusan, karena masih laper ya udah aku ganyang aja deh itu sayur. Lumayan nambah nutrisi (halah, padahal karena rakus).

• Tahu-tempe yang dimasak pake santen encer (nggak tahu namanya apa). Nah, ini dia part of lentog yang paling bikin lidahku menari-nari (halah). Terutama tahunya! Wenak (enak, red) banget deh! Biasanya aku sisihin bagian ini buat dimakan paling akhir. Save the best for last, kata temenku gitu. Kalo tempenya sih biasa aja. Malah cenderung aneh deh rasanya. Tapi tahunya...haaa...jadi makin laper.

Sebagai pelengkap, dijual sate telur puyuh yang dibacem dan kerupuk. Sate telur puyuh ini, asli cocok banget dimakan sama lentog. Enggak tahu kenapa, udah jodohnya mungkin. Buat yang doyan banget pedes dan nggak bisa makan tanpa cabe, tenang aja. Dalam paket pembelian default (halah!) biasanya lentog dilengkapi dengan beberapa CABE RAWIT yang (kayaknya) dikukus. Cabenya utuh, nggak dipotong-potong apalagi dihaluskan. Aku nggak begitu doyan pedes, jadi dijamin mangar-mangar (dooh, bahasa Indonesianya mangar-mangar tuh apaan yak) kalo sampe keceplus (nggigit secara nggak sengaja, red). Jadi sebelum makan, biasanya nyari-nyari lomboknya dulu, terus dua butir lombok rawit itu aku cacah-cacah pake sendok biar ancur lalu aku aduk-aduk biar pedesnya merata. Wuhh, mbayangin aja udah bikin kemringet (keringetan, red). Slurrp! Di beberapa penjual lentog juga aku nemuin sambel cabe merah yang –entah gimana cara bikinnya- teksturnya cair banget dan berminyak. Tenang aja, pasti boleh kok minta sambel lagi kalo kurang pedes.

Jadi buat anda-anda yang belum pernah ke Kudus, jangan lewatkan sarapan istimewa ini. Biar pengalaman gitu. Gizinya juga menurutku lumayan lengkap sebagai sebuah sarapan pagi. Karbohidrat, protein, lemak, mineral, serat, ada. Hmmm, vitaminnya kita tambah sendiri kali ya (ato sayur gori ada vitaminnya?). Sayangnya, tiap porsi lentog itu kecil nggak begitu ngenyangin, walaupun udah cukup bisa mengganjal perut (daripada nggak sarapan). Jadi, jangan malu-malu nambah, hehehe. Tenang aja, sampai tulisan ini diturunkan, harga seporsi lentog+sate telur+kerupuk cukup Rp 4.000,- saja. Murmer to?
Haa....I miss lentog very much

Tidak ada komentar:

Posting Komentar