14/08/09

Breaking Down-The Review (sort of)

Awww...Breaking Down!

Dulu pertama kali novel ini rilis, aku nggak semangat beli maupun baca. Habis aku nggak begitu suka -novel ketiga dari Twilight Saga- Eclipse (ini menurutku lho, maaf buat para die hard fans Eclipse. Maaf!). Lagian Breaking Dawn, yang setelah diterjemahin di bahasa Indonesia jadi "Awal yang Baru", tu bukunya tebel banget. Lebih dari 800 halaman. Tepatnya 862 halaman. Males aku bacanya. Jadi setelah novel itu udah rilis dan orang-orang di sekitarku juga udah baca (bahkan mbak kosku nyeritain sinopsis singkatnya, cukup seru sih kayaknya tu novel...tapi aku tetep males. Hehehe), aku tetep cuek.

Nah, kemarin waktu berangkat ke Yogya buat SKS-an (berarti udah 3x balik ke Yogya selama liburan semester 2 yang lamanya 2 bulan ini), si Mita -temen sekelasku, and more than it, she's my close friend- minjemin bukunya ke aku. Dulu dia pernah pinjem 3 buku seri Twilight Saga punyaku, jadi katanya sekarang gantian dia yang minjemin....huhuhu...she really is an angel. Dia bahkan nganterin bukunya ke kosku, padahal kan aku yang butuh. Hwa...I lup u pull dah Mita (lho kok kayak mbah Surip gini yak?). Aku mulai pegang buku itu sehabis isya'. Waktu itu rada-rada bete sebel gitu. Tapi ini bete yang jelas, aku tau sebabnya. Dengan pasti. Ah, kenapa kenapa harus ada perasaan bete? Perasaan yang nggak produktif, setidaknya buat aku. Mending kalo betenya menghasilkan lagu-lagu hits kayak yang dilakukan para musisi. Atau buku-buku best seller. Hahaha. Maunya. Habis beteku cuma menghasilkan coretan-coretan nggak jelas di buku-buku, kertas-kertas, tisu-tisu...ada nggak ya yang mau nerbitin luapan hatiku jadi novel. Bisa kayak Andrea Hirata dong aku. Eh tapi enggak ah, aku nggak cukup berani mbayangin ada orang-orang yang aku kenal mendapati diri mereka dirasani olehku dan mendapati cerita mereka denganku dibaca oleh banyak orang (ih geer banget, kayak bener-bener udah ngerilis buku aja).

Pertama-tama cuma bolak-balik halaman novel itu doang. Eh, terus aku mulai membacanya dari halaman awal.

Terus...

Terus...

10 halaman...

20...

100...

100??? Lho, udah sebanyak itukah halaman yang sudah aku baca? Aku lupa sama sekali sama gitu aja bete sih? beteku yang tadi ada. Aku malah geli, kenapa tadi harus sebel? Hahaha...Amalia, Amalia. Aku belum makan. Ah, nggak peduli. Aku udah beli makan tadi waktu pulang dari kampus. Aku terusin baca. Kembali larut (kayak NaCl aja larut). Waktu liat jam, ya Allah udah hampir jam 9. Oke, harus makan dulu nih. Jangan sia-siain nikmat Allah berupa kesehatan ini! Selama dia masih mau nempel sama aku. Aku sadar aku sakit-prone. Sambil makan aku ngeliat hp. Beberapa sms dan 1 missed call. Smsnya dari ibuku semua, nanyain udah makan apa belum. Ups...sori, mum. Ini nggak akan sering-sering terjadi, palingan sekali dua kali kalo lagi baca novel bagus. Missed call....telepon permintaan maaf? Useless. Eh lupa, aku kan udah nggak sebel lagi.

Habis makan, lanjut lagi dong.

Ewww...seru banget novel ini. Terbagi dalam beberapa buku (lebih tepat beberapa bagian kali ya), kita diajak menyelami (di Bunaken kali menyelam?) perasaan-perasaan Bella dan Jacob.

Buku satu, Bella. Maksudnya berdasar sudut pandangnya Bella. Pertama-tama, ya, masih standar lah. Tentang kekikukan-kekikukan Bella, tapi lucu juga sih, waktu dia dan Edward minta restu Charlie buat nikah. Dan selanjutnya, ya Allah...it's so beautiful! Pas bagian pernikahan itu...pas bagian Bella berjalan menuju altar menghampiri Edward. Waktu rasanya lama sekali kalo kita akan melakukan sesuatu yang benar-benar kita inginkan, ya kan Bells? (kayak ngomong beneran ma Bella aja). Kalo nggak salah waktu itu Bella mikir betapa dia masih takjub setiap kali saling bertatapan dengan Edward, soalnya Edward menatapnya seolah-olah dia itu hadiah buat Edward (Edward keliatan terpesona banget kalo ngeliat dia kali ya). Padahal, dengan keminderannya, Bella tu selalu ngerasa dia adalah pemenang karena bersama Edward. Hoooo...tapi kayaknya udah pernah denger deh, kalo saling mencintai tuh masing-masing pihak ngerasa sebagai pemenang (mboh denger dari mana, kata-kata yang agak aneh. Dan yang lebih aneh lagi, setelah dipikir kata-kata itu kayaknya logis-logis aja).

Terus pas mereka ke pulau Esme...waw...gimana ya rasanya jadi Esme? Punya pulau sendiri. Keren banget! Tapi rada-rada blushing deh bacanya. Stephenie Meyer bener-bener pinter menuangkan imajinasinya kali ya. Tapi kepinterannya itu yang makin bikin blushing alias merona. Terus segala keindahan itu harus berakhir ketika mereka harus pulang. Soalnya....(baca sendiri novelnya!).

Buku kedua, menurut sudut pandang Jacob. Baca 2 kalimat di halaman pendahuluannya aja udah bisa bikin kita nebak gimana isinya! Frustasi dan depresi. Ya iyalah...masa Bella nikah dengan Edward dia ketawa-tawa. Walaupun sebagai temen dia bahagia karena Bella bahagia sih. Tapi nyentuh banget waktu dia tau Bella hamil dan berpikir "menyakitkan banget sesuatu dari yang kau benci tumbuh di yang kau sayangi". Poor Jacob...hiks! Tapi beda ma buku Bella yang diawali dengan kekikukan, eh kebahagiaan, dan berakhir dengan kepanikan; buku Jacob diawali dengan kesedihan dan diakhiri dengan keromantisan! Hahaha...akhirnya dia meng-"imprint" seseorang, walaupun secara nggak sengaja. Tapi menurutku, yang diimprint Jacob itu adalah yang tertinggi yang bisa dimiliki Jacob. No offense lho, bukannya aku nganggep Jacob nggak loveable apa gimana, bukan gitu! Tapi, taulah kalo Jacob sangat mengharapkan Bella. Banget! Tapi mungkin nggak semua yang diinginkan itu bisa terpenuhi kali...jadi, memiliki seseorang (lebih tepatnya sesuatu yang separo orang separo vampir) yang mewarisi setengah gen Bella itu menurutku udah harus bersyukur banget. Apalagi cara memilikinya kan secara imprint yang nggak disengaja...wah, kayak udah jodoh aja. Stephenie Meyer menuliskannya secara indah banget di halaman 419-420. Tepatnnya mulai dari baris ke-12 halaman 419 sampai baris ke-2 halaman 420. If you're like me, then you'll love it.

Itu akhir dari Buku Dua. Buku Tiga, balik ke sudut pandang Bella lagi. Tapi aku nggak berminat nulis tentang itu. Ntar kalo aku bocorin semua disini, kasian penerbitnya dong. Hahaha. Buat yang ragu-ragu mau beli apa nggak, beli aja! Insyaallah nggak nyesel. Novel ini komplit lho. Bagian seru-seruannya ada, mendebarkan ada, apalagi bagian romantisnya! Banyak! (asiiik!). Aku sampe agak nyesel nggak beli buku ini dulu. Kalo mo beli sekarang, aku ngerasa sayang beli buku yang udah pernah aku baca sebelumnya. Padahal kenikmatan beli buku itu ada saat kita pulang dan membaca sesuatu yang belum pernah kita baca sebelumnya. Ya, analog lah, kalo habis pada shopping baju juga sampe rumah pingin dicoba terus ngecek penampilan di depan kaca kan? Walau harus diakui, novel ini pantes buat bahan koleksi. Orang Inggris bilangnya worth it, gitu. Ya, kita lihat saja nanti apakah Amalia akan tergerak hatinya buat beli. Hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar