13/08/09

Young Bomber

Delapan belas? Sembilan belas tahun? Segitulah umur Dani Dwi Permana, eksekutor peledakan bom di hotel Marriott. Enggak lebih tua dari aku! Ya Allah...dia baru lulus SMA. Berarti adik kelasku. Tapi dia ADALAH eksekutor itu. Beberapa hari lalu bapakku nunjukin koran yang menjejerkan fotonya pas masih hidup ma pas udah meninggal (setelah direkonstruksi polisi tentunya. Btw, canggih juga yang ngrekonstruksi, meskipun masih serem sih jadinya).

Bapakku : Mirip kan? Emang dia berarti pelakunya

Aku : Ih, nggak ah pak (sebenernya cuma ngeliat sekilas, habis takut sih liat muka orang yang udah mati. Apalagi yang ancur gitu...ya Allah...tapi setelah aku amat-amati dengan sedikit seksama dan sedikit takut, ternyata lumayan mirip)

Aku : Eh iya ding pak, bibir bawahnya persis. Matanya juga lumayan mirip

Bapakku : Iya, enggak mungkinlah mirip 100% sama wajahnya pas masih hidup...pasti ada perubahan. Tapi kalo diamati seksama, mirip

Wow.

Bukan berarti aku mengagumi dia yah. Menurutku menghilangkan nyawa yang nggak bersalah itu dosa yang gedeeee banget (ya iyalah!). Lebih tepat digambarkan dengan kata “heran” kali ya. Kok ada, anak lulus SMA jadi eksekutor bom. Lha aku? Lulus SMA masih nggak ngerti “apa-apa”. Dia bawa tas isinya bom, aku bawa tas isinya jajanan kalo mau perjalanan Kudus-Yogya (cuek aja makan minum sepanjang perjalanan 5 jam gitu). Hahaha, ya jelas nggak bisa dibandingin lah. Aku kan anak “biasa”. Enggak pernah di-“brain-wash” (pakaian, kali ya, di-“wash”?). Enggak pernah dikasih tau kalo mengorbankan nyawa sendiri (dan nyawa orang lain) kayak yang dilakukan para teroris itu bisa bikin kita masuk surga. Masuk surga dari mana???

Di koran juga diceritain kalo bapaknya si Dani shock berat setelah tau anaknya itu ternyata pelakunya. Ya iyalah...siapa juga yang enggak bereaksi sama pas tau anaknya ternyata....(walah, kayak udah pernah punya anak aja! Ya, maksudku siapa coba yang nggak kaget kalo keluarga kita gitu). Dia bilang, pasti Dani udah didoktrin. And it’s true

Kemarin malem, baru aja nyampe Kudus (habis SKS-an) aku nonton acara di Metro TV apa TV One gitu (lupa, habis sama-sama sering nyiarin berita sih, sori!). Kayaknya MetroTV deh. Nggak niat nonton sih sebenernya, tapi berhubung acara itu yang disetel ya udah aku nonton aja. Lagian nggak ada acara yang menarik jam segitu, kecuali kalo malem Minggu jam 8 ada “are You Smarter than a 5th Grader”, hohoho. Ada bincang-bincang tentang terorism gitu deh. Nggak begitu menyimak apa yang dibicarain sih (tapi inget dikit-dikit, sepintas mereka ngobrolin penyergapan di Temanggung, yang hasilnya ternyata Ibrohim, bukan Noordin. Ya iyalahhh...gembong teroris se-Asia Tenggara masa nggak ngelawan dan nggak ditemenin pengawal kemana-mana). Aku lebih tertarik baca-baca respon dari pemirsa yang dikirimin lewat Facebook & Twitter. Ditayangin di bawah layar TV.

Lumayan banyak yang optimistis, kita bisa nangkap Noordin. Asal bisa kerjasama! Oke, setuju! Tapi ada juga yang pesimis kita nggak bakal bisa, soalnya dia dilindungi pihak lain. Yang sepertinya untung kalo Indonesia dapat cap nggak kondusip. Malah ada yang bilang dia dilindungi AS. Pemirsa lain bilang kalo tindakan-tindakan terorismenya adalah hasil konspirasi (wih, berat!) buat ngejatuhin umat Islam. Aku jadi mikir. Wah, bisa aja nih. Dengan terornya itu, Islamofobia jadi merebak. Ih, asem tenan. Dan bisa aja, selain itu adalah konspirasi buat ngejatuhin Islam, itu juga buat bikin jelek nama Indonesia. Ntar negara-negara lain pada ngeluarin travel warning. Terus pariwisata Indonesia bangkrut. Trus investor nggak mau nanem duit (padi kali ditanem) di Indonesia.

Yang lucu nih, ada yang berpendapat kalo Noordin itu sebenernya enggak ada. Nah lho? Bisa aja sih, tapi menurutku, gimanapun teror yang canggih-canggih itu pasti ada perencananya. Ada pemimpinnya.

Ya udah lah, sekarang berdoalah teroris-teroris jelek tu pada ketangkep. Siapapun lah! Mo Noordin kek, mo mister X, wis pokoknya ketangkep!. Dan kayaknya harus tetep ati-ati kali ya, kalo ada penduduk baru di sekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar