14/08/09

Ngenet di Komputer Pake Voucher GPRS Indosat

Nge-blog itu asyik ya?

Untuk diketahui, blog ini udah aku bikin bulan April lalu. Cuma nge-post dua tulisan, yang satunya juga “hanya” postingan pembuka. Sebenernya udah banyak, banyak banget ide buat dituangin dalam tulisan di blog, tapi addaa aja alesannya sehingga gagal. Huh. Aku juga heran, aku tu ngapain aja sih sehingga sampe nggak sempet. Jangan-jangan kalo ngenet aku buka Facebook mulu. Hihihi. Tapi kayaknya gara-gara aku emang jarang ngenet deh. Seminggu sekali aja udah untung (hha….ngenes banget). Walaupun sekali masuk warnet bisa berjam-jam. Melangkahkan kaki ke warnet itu lho yang susah (halah!).

Sekarang, aku nemuin cara baru buat ngenet, yaitu pake voucher internet Indosat. Enak nih, nggak usah berlangganan dan murah meriah banget, 250 menit cuma Rp 5.000,- Ya, kalo beli di deket rumah sekitar Rp 5.500-6000,- lah. Voucher ini ternyata nggak cuma bisa dipake buat ngenet di HP aja tapi bisa buat ngenet di komputer. Menurutku malah agak rugi deh ngenet pake indosat@durasi di HP. Mending pake pulsa biasa terus kita set biar gambarnya nggak usah ditampilin gitu, biar irit. Hihihi, dasar pelit.

Alat : Laptop atau desktop yang udah diinstalin PC suite (PC suitenya yang sesuai ya ma merek dan tipe HPnya), HP, voucher GPRS Indosat.

Cara kerjanya begini (dari tadi kok ada alat, cara kerja…emang ini lagi bikin laporan praktikum?) :

- Beli pulsa internet cap Indosat (ya iyalah…emang ada yang lain?). Yang 5 ribu itu lho

- Username dan password di setting internet connectivity (di HP) diganti jadi indosat@durasi

- Di lappie (or di desktop, ya pokoknya di komputer lah) yang udah diinstalin PC suite (berhubung HPku Sony Ericsson ya pake Sony Ericsson PC Suite, versi 3.2 klo nggak salah), kita periksa di bagian “Tools” ntar kan ada menu Internet Connection”. Nah, kita klik di kotak “advanced settings”, trus “manage your connection” kita klik yang “Indosat GPRS”. Nah, klik kanan, trus “properties”, lalu “identification”. Kita isi username dan passwordnya dengan indosat@durasi. Trus klik kanan lagi, dan pilih “Indosat GPRS” sebagai default connection. Oh iya, sebelum nglakuin langkah-langkah di poin nomer tiga ini, make sure HP kita udah nyambung sama PC. Bisa pake kabel data, Bluetooth, atau infrared. Aku sendiri pakai Bluetooth. Gampang kok caranya, tinggal klik “How to Connect” terus ikuti aja langkah-langkahnya.

- Terakhir, tinggal klik “Connect” di kotak dialognya. Tunggu beberapa saat sampe selesai. Enjoy the wireless connection, then!

Pertama bisa connect, wah….senengnya! Bangga banget. Padahal PC Suite aja diinstalin ma adikku. Huuu….thanks brother! Walaupun rada telat bantuannya dan sambil sedikit ngedumel, tapi thanks yah. Btw, kabel datanya mana dek? Hehehe...ya sudahlah, udah lumayan ini. Alhamdulillah laptopku ada bluetoothnya jadi bisa “ngobrol” ma HPku. So, nggak punya kabel data belum jadi masalah sampai sekarang.

Tapi setelah dicoba…

Haa….lemotnya! Lemotnya bikin….hah…untunglah aku masih sabar. Pertama-tama (tetep….) coba buka Facebook. Mau masuk ke berandanya aja lama…banget. Sampe-sampe network time out. Sabar…coba lagi. Yah gagal lagi. Coba lagi…gagal lagi.

Coba situs lain. Buat ngeliat nilai semester 2 (yang jeblok, hehehe). Masuk ke portal akademik (http://akademika.ugm.ac.id). Ternyata bisa. Dan lancar-lancar aja buat ngeliat nilai. Kok Facebook nggak bisa ya? Apa terlalu berat gitu? Masa sih. Ah, kecewa. 5000 rupiah buat 250 menit tapi cuma dapet dikit. Nggak bisa download-download. Aku coba disconnect trus connect lagi. Lumayan sih. Berhasil buka Facebook. Meskipun lemot.Nggak kayak di warnet.

Yang aku heran, adikku kok asyik-asyik aja pake voucher ini. Cepet juga kok aksesnya. Dia pake Nokia E51 dan kabel data. Dan dia pake desktop. Apa mungkin kelemotan akses ini adalah efek dari kelemotan laptopku ya? Kayaknya enggak deh, pernah aku ngenet di hotspot area, nggak ada bedanya tuh sama ngenet di warnet. Tetep cepet. Apa gara-gara pake Bluetooth ya? Emang ngaruh?

Tapi tetep lumayan lah bisa ngenet dimana-mana, dengan cuma bermodal laptop, hp, PC suite dan Rp 5.000,- buat ngenet selama 4 jam 10 menit. MurMer (murah meriah) euy. Dan yang lebih penting, nggak usah sering-sering ke warnet, kecuali kalo bener-bener perlu kecepatan (lagi balapan kali). Thanks Indosat. Walaupun aku masih berharap kecepatannya jadi lebih baik sih….



p.s. : wah, ngeliat cara kerjanya, kayaknya emang harus dibuat kayak klo lagi bikin cara kerja di laporan praktikum. Pake panah-panah ke bawah gitu. Lebih enak dilihat dan jelas! Hehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar