21/05/12

Like a Sir

Mungkin sudah berbulan-bulan lalu, aku lihat sebuah post di 9gag tentang sebuah film yang akan dirilis (biasaaa, spoiler). Di film tersebut Johnny Depp jadi aktornya, dan salah satu dialognya berbunyi seperti ini, "you may strategically place your wonderful lips upon my posterior and kiss it repeatedly". Ternyata, arti kalimat itu tidak bagus untuk diperdengarkan kepada adik-adik kita yang masih di bawah umur, alias merupakan sebuah umpatan. Dan di bagian bawah post itu, ada tulisan "Johnny Depp, cursing like a sir". Wah, kalau orangnya enggak ngerti seperti aku, bisa-bisa dikira kalimat itu disalah artikan sebagai pujian, ya...padahal itu kalimat buat misuh. Berdasarkan yang pernah aku baca sih, sarkasme merupakan suatu seni yang membuat orang menyangka bahwa mereka disanjung, padahal sebenarnya mereka sedang dicaci. Namun dikatakan bahwa belajar memahami sarkasme dapat membuat seseorang lebih cerdas, aku setuju itu. Kan belajar sesuatu yang enggak gampang itu bikin pinter.

Nah, beruntunglah teman-teman sekelas (terutama teman segolongan praktikum dulu, salah satunya Niha), akhir-akhir ini sedang rajin nonton film di bioskop. Waktu pertama kali diajak nonton Dark Shadows, aku ragu-ragu. Soalnya pernah denger sekilas darimana gitu, itu film tentang vampir. Eh ternyata yang jadi vampirnya Johnny Depp. Berarti film itu merupakan film yang salah satu dialognya sudah aku tulis di paragraf pertama postingan ini, hihihi. Mengingat kutipan sarkasme yang terkesan elegan (tapi sebenarnya kasar itu), aku pun tertarik untuk ikut.

Aku enggak akan menuliskan cerita filmnya sih. Filmnya bagus kok, lucu di awal-awal. Menjelang akhir film, ceritanya serius, tapi secara keseluruhan menghibur sih menurutku. Terus sejak awal, di film ini digaungkan terus pemahaman tentang "blood is thicker than water". Pokoknya harta yang paling berharga adalah keluarga (mirip-mirip serial Keluarga Cemara, ya, hehe). Namun, menurutku yang paling menarik dari film itu adalah gaya ngomongnya Johnny Depp yang memakai gaya bahasa tahun 1700-an. Pinter ya, yang bikin dialognya, maybe he/she has a degree in English literature or something. Dia memanggil setiap wanita (yang biasanya dipanggil Mrs.) dengan sebutan madam dan memanggil wanita yang lebih muda dengan sebutan dear. Terus ada adegan dimana dia ngomong "Fight I shall" dan "methinks". Hahaha, jadul banget bahasanya. Dan masih banyak lagi dialog yang lucu buatku, bukan karena bahasanya saja tapi juga karena kejadulannya itu, misalnya:

"A woman doctor, what an age this is?"
"What sorcery is this?" (Dia heran melihat siaran televisi).
(melihat penyanyi rock sedang tampil) "the ugliest woman i have ever seen"

Dan scene yang menurutku paling lucu adalah saat dia meminta saran di bidang percintaan kepada seorang remaja wanita. Ketika mengetahui bahwa remaja itu berusia 15 tahun, dia mengeluarkan komentar yang lucu banget, haha. Sekali lagi, lucu karena bahasa dan kejadulannya, tapi terdengar elegan. Menurutku, ini meme yang paling sesuai untuk film itu:

sumber gambar: knowyourmeme.com

Hihi, suka deh yang enggak biasa seperti di film ini.. Atau denger bahasa Inggris yang ada aksennya. Kalau bahasa Inggrisnya orang Amerika itu terdengar lurus-lurus saja, mungkin karena sebagian besar lagu dan film luar negeri sekarang berasal dari Amerika. Kalau orang Inggris yang ngomong, beda. Bahasa Inggrisnya terkesan tebal di telinga (mungkin terdengar medok di telinga orang Amerika?) walaupun lebih susah dimengerti. Baru-baru ini terpesona sama Tom Hiddleston (sampai bela-belain ngerental filmnya yang belum aku tonton). Ternyata dia berasal dari London. Waaaw, melihat dan mendengar video wawancaranya, jadi makin suka...he speaks English like a sir :D

2 komentar:

  1. setiap Lia posting selalu menyuguhkan sesuatu yang unik, haha.. sukaaaa.
    I'm also crazy for English Literature.. great to find this! :))

    BalasHapus
  2. hihihi, lucu ya Nih bahasa inggrisnya film kemarin itu, jadul! Kalau novel inggris klasik suka nggak Ni? kayaknya lucu ya bisa baca novel klasik dalam bahasa asli, tapi aku nggak mudeng, hoho

    BalasHapus